Subak Jadi Inspirasi Dunia

Bali — Kekayaan budaya Subak yang saat ini telah diakui sebagai warisan budaya dunia merupakan manifestasi dari filosofi Tri Hita Karana, yaitu konsep kehidupan menjaga kearifan-kearifan lokal dan keseimbangan hubungan antara hubungan manusia dengan manusia, alam, dan Tuhan. Subak dijadikan acuan atau sumber inspirasi bagi pengembangan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang berkembang di dunia. Subak seperti sistem demokrasi yang diterapkan untuk tata kelola pengairan di Bali.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan bahwa budaya Subak merupakan sumber kekuatan budaya demokrasi dan merupakan budaya tertua sejak ribuan tahun lalu yang termanisfestasi melalui tata kelola pengairan. “Jadi demokrasi itu bukan diambil dari budaya luar, melainkan menggali budaya kita sendiri,” jelas Wiendu dalam sambutannya pada acara peresmian Prasasti Lansekap Budaya Provinsi Bali di Pura Ulun Danu Batur Kabupaten Bangli, Senin (24/9).

Tidak mengherankan usulan yang diajukan Pemerintah untuk memperoleh pengakuan mencapai 12 tahun mengingat kompleksnya filosofi dan sistem Subak itu sendiri. “Pengakuan ini telah mengalami perjuangan panjang 12 tahun melibatkan banyak pakar, pemikir dan berbagai pihak yang berperan penting menyukseskan pengakuan budaya dunia ini,” ujarnya menambahkan. Wamendikbud berpesan bahwa pengakuan dunia atas subak ini merupakan awal dari perjuangan untuk menjaga, melestarikan, melindungi, dan mengembangkan kekayaan budaya ini sehingga bisa menjadi sumber inspirasi kebudayaan dan sumber dari peningkatan kesejahteraan. [FA]

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s